Kerja Keras, Cerdas, Tuntas, dan Ikhlas Untuk UMKM Naik Kelas

10153902_10204872401992812_1185487809964827047_n

Senin yang luarbiasa, bertepatan dengan hari pahlawan

apapun yang kita lakukan dalam memajukan KUMKM, semoga menjadi pintu bagi kita untuk berbuat hal baik, sebagaimana para para pejuang 45 di suroboyo meyakini perjuangannya dalam mempertahankan kemerdekaan.

Ada hal menarik yang diungkapkan presiden Jokowi dihadapan forum CEO Kompas, yakni realokasi subsidi BBM untuk pembangunan sektor pertanian, perikanan, UKM, dan infrastruktur. bila hal tersebut benar akan diwujudkan, kiranya akan banyak hal besar dan luarbiasa yang akan terjadi dalam beberapa saat ke depan.

Pertanyaannya, seberapa siap Kemenkop selaku leading sector dalam urusan UKM dalam mengelola gelontoran dana puluhan triliun? seberapa siap pula kita dalam mendampingi KUMKM agar mampu memanfaatkan suport tersebut dengan baik dan tepat ?

Bila membaca publikasi kemenkop berjudul “mendongkrak produktivitas KUKM di era Jokowi-JK” yg dimuat di harian suara pembaruan 5 nov 2014, belum tampak gebrakan yang menggigit dalam membangun kumkm ke depan. masih datar2 saja, business as usual.

melihat hal tersebut, gagasan menggulirkan gerakan satu juta umkm naik kelas perlu terus kita dorong dan gaungkan dengan lebih serius lagi. untuk itu perlu partisipasi anda semua untuk ambil bagian sesuai dengan kemampuan masing2. kita perlu bekerjasama dan berbagi tugas.

hendak dimulai dari mana?

sebaiknya tak usah menunggu siapapun.
kita harus berbuat, bekerja, berkarya.

kawan2 yogya hari rabu lusa akan berkumpul di PLUT DIY. kawan2 di Makassar dan palembang sudah tuntaskan tahap II ToT UMKM Naik Kelas. kawan2 di Samarinda dan Bengkayang sudah bergerak garap UMKM di perbatasan. WG Nasional sedang bikin usulan perubahan peraturan menegkop nomor 2/2008. pak Aslichan sedang memimpin tim untuk penyusunan SKKNI Konsultan Bisnis KUMKM. ABDSI sedang siapkan munas 11-12 des di Jakarta. dan masih banyak hal lain yang telah, sedang, dan akan terus dilakukan kawan2 semua.

Saatnya kita kerja keras, cerdas, tuntas, dan ikhlas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam