PERS RELEASE 5TH UNS SME’S SUMMIT & AWARDS

Universitas Sebelas Maret sebagai salah satu perguruan tinggi yang fokus terhadap pengembangan UMKM, kembali menggelar event tahunan 5th UNS SME’s SUMMIT & AWARDS. Event tahunan ini diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada pemerhati UMKM baik lembaga maupun perorangan atas perannya memberdayakan UMKM. Sebagai rangkaian kegiatan 5th UNS SME’s SUMMIT & AWARDS diselenggarakan beberapa kegiatan yaitu pameran produk UMKM, Lomba Standup Commedy, dan Seminar Nasional bertema “Peningkatan KapabilitasUMKM Dalam Mewujudkan UMKM NAIK KELAS” dan sebagai puncak kegiatan adalah Malam Penganugerahan Award kepada pemenang Awards.

Secara terperinci, penyelenggaraan 5th UNS SME’s SUMMIT & AWARDS 2016 dimaksudkan untuk:

  1. Memberi penghargaan kepada pemerhati UMKM baik lembaga maupun perorangan atas perannya memberdayakan UMKM.
  2. Mendesiminasikan hasil kajian, pengetahuan maupun pengalaman pemberdayaan UMKM baik dalam aspek sosial ekonomi maupun teknologi dari pemangku kebijakan, peneliti dan pengabdi maupun praktisi untuk direkomendasikan  sebagai arahan dan strategi pemberdayaan UMKM
  3. Membangun kerjasama sinergitas para pemangku kepentingan (lembaga pemerintah, Perguruan Tinggi, dunia usaha, dan LSM) dalam pemberdayaan UMKM.

Adapun rangkaian kegiatannya adalah :

  1. Pameran Produk UMKM

Pameran Produk UMKM yang diselenggarakan pada tanggal 16-18 Mei 2016 di Gedung Auditorium UNS. Peserta stand yang mengikuti pameran ini adalah UMKM dampingan instansi/perusahaan yang telah consern dalam pengembangan UMKM melalui program PK-BL/CSR antara lain : Business Development Services (BDS) Peac Bromo JAwa Timur, PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 3, PT Badak NGL, PT Holcim Tbk, PT Pertamina RU VI Indramayu, dan Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM (PSP-KUMKM) LPPM UNS. Pameran produk UMKM ini diramaikan oleh Lomba Stand up comedy dengan tema UMKM NAIK KELAS yang berlaku untuk umum pada tanggal 16 Mei 2016.

  1. Penganugrahan Pemerhati UMKM (perorangan maupun lembaga)

Penganugerahan Awards ini diselenggarakan pada tanggal 16 Mei 2016. Penganugerahan ini terselenggara atas kerjasama antara PSP-KUMKM LPPM UNS, Kementerian Koperasi dan UKM RI dan ABDSI. Dalam penganugerahan 5th UNS SME’s Summit and Awards 2016 terseleksi 11 kategori yaitu :

  • Pemerintah Provinsi Pengembang UMKM Terbaik,
  • Pemerintah Kabupaten/Kota Pengembang UMKM Terbaik,
  • Pelaksana Inkubator Bisnis Pengembang Terbaik,
  • Perusahaan BUMN pertambangan (minyak dan gas) pelaksana PKBL/CSR pengembang UMKM terbaik
  • Perusahaan Swasta pertambangan (minyak dan gas) pelaksana PKBL/CSR pengembang UMKM terbaik,
  • perusahaan swasta aneka tambang pelaksana PKBL/CSR pengembang UMKM terbaik,
  • perusahaan swasta pengolahan hasil hutan pelaksana PKBL/CSR pengembang UMKM terbaik
  • Perusahaan Transportasi Pelaksana PKBL/CSR pengembang UMKM TErbaik
  • Pengelola Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)-KUMKM pengembang UMKM terbaik
  • Pengelola Business Developent Services (BDS) pengembang UMKM Terbaik
  • dan Perorangan Peduli Pengembangan UMKM terbaik

khusus kategori perorangan peduli pengembangan UMKM terbaik akan dianugrahkan “Dharma Krida Baraya Adikarya Anugraha”.

  1. Seminar Nasional Pengembangan UMKM

Seminar Nasional diselenggarakan pada tanggal 17 Mei 2016 di gedung Pusdiklat UNS, Tema Seminar Nasional adalah “Peningkatan Kapabilitas UMKM Dalam Mewujudkan “UMKM NAIK KELAS”.  Seminar Nasional ini dibuka langsung oleh Rektor UNS (Bapak Prof. Dr. Ravik KArsidi, MS) dengan keynote speaker yaitu Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI (Ibu Ir. Yuana Setyowati, MM). Pemakalah utama dalam seminar ini perwakilan dari para pemenang awards dimana perusahaannya concern terhadap pengembangan UMKM melalui program CSR/PK-BL nya yaitu Business Development Services (BDS) Peac Bromo JAwa Timur, PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), dan PT Pertamina RU VI Indramayu.  Untuk mendukung seminar nasional ini telah terseleksi 57 pemakalah dari berbagai perguruan tinggi Perguruan Tinggi

Seluruh rangkaian kegiatan ini disponsori oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI, Badak LNG, Pelindo 3, PT Tiga Pilar sejahtera, PT Sido Muncul, dan Metta FM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam