Perpustakaan Kelurahan Dulu, Saat Ini Dan Masa Depan

Oleh : Rahmawati, S.Sos

1 RahmawatiDalam sistem pemerintahan di Indonesia Kelurahan merupakan unit organisasi pemerintahan yang terendah. Jika penduduk pedesaan ini dapat dibina dengan sebaik-baiknva, maka diharapkan dapat menjadi sumber daya manusia vang amat potensial dalam pembangunan.

Dalam hal inilah maka Pemerintah menetapkan kebijaksanaan khususnya dalam pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan informasi bagi semua masyarakat Indonesia yang diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan bangsa serta meningkatkan kemampuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan.

Perpustakan Kelurahan adalah perpustakaan untuk masyarakat sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pendesaan, yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembangunan Kelurahan. Tugas pokok perpustakaan Kelurahan adalah melayani masyarakat dengan menyediakan bahan pustaka/bacaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dilayani.

Mengenai pendirian dan penyelenggaraan perpustakaan telah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Antara lain yaitu sebagai berikut:

  1. Perpustakaan adalah sarana pembelajaran masyarakat sepanjang hayat. (pasal 2)
  2. Perpustakaan ada untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa (pasal 3)
  3. Penting untuk melibatkan masyarakat dalam perpustakaan (pasal 5.1 )
  4. Perpustakaan perlu menyediakan layanan sesuai kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (pasal 14.3 )
  5. Perlu kerjasama dari berbagai pihak untuk memajukan perpustakaan (pasal 40 dan 42)
  1. Pengembangan perpustakaan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (pasal 14)
  2. Pengembangan perpustakaan harus berkesinambungan  (pasal 7, 8 dan 40)
  3. Pengembangan Perpustakaan dilakukan berdasarkan karakteristik, fungsi dan tujuan serta dilakukan sesuai dengan  kebutuhan pemustaka dan masyarakat  dengan memanfaatkan teknologi informasi dan Komunikasi (pasal 19)
  4. Pemerintah bertanggungjawab atas kelangsungan  penyelenggaraan dan pengelolaan  perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat (pasal 7)

Perpustakaan Kelurahan dulu

Dulu, Perpustakaan Kelurahan tidak dikenal oleh masyarakat, perpustakan Kelurahan belum menunjukkan eksistensinya,  perpustakaan Kelurahan hanyalah sebagai pelengkap dari kegiatan pembinaan dan suvervisi yang dilakukan oleh Perpustakaan Daerah, Perpustakaan Provinsi bahkan Perpustakan Nasional. Tempatnya di Kantor  Kelurahan yaitu ada yang di pojok ruangan, ada yang di tenggah-tenggah ruangan, ada yang di ruang PKK bahkan ada juga yang letaknya yang di samping  Kantor Kelurahan, ruangan yang di sediakan khusus untuk koleksi buku-buku bantuan dari perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan bantuan dari Perpustakaan Provinsi, yang disusun dalam satu lemari maupun satu rak.

Buku tersebut tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya, buku-buku yang tidak terawat. Hanya satu atau dua orang saja yang berminat membacanya. Semakin lama jumlah buku pun semakin berkurang karena tidak ada kegiatan administrasi untuk peminjaman atau pengembalian buku. Hanya debu-debu dari ruangan yang setia bersamanya.

Perpustakaan Kelurahan saat ini

Saat ini, perpustakaan Kelurahan sudah di kelola dengan baik, perpustakaan sudah   dimanfaatkan masyarakat secara optimal. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berkembang pula konsep perpustakaan. Perpustakaan sudah menyesuaikan diri bukan hanya menangani koleksi sumber informasi dalam bentuk cetak tetapi sudah membuka pintu untuk masuknya media audio visual, sudah melek teknologi informasi dan komunikasi dan fungsi-fungsi yang lain.

Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI), didukung oleh Bill & Mellinda Gates Foundation, melaksanakan program PerpuSeru memberikan bantuan 3 unit komputer dengan akses internet kepada 70 perpustakaan Desa/Kelurahan dan 6 Taman Bacaan Masyarakat di 21 Kabupaten/Kota di Indonesia. Diantaranya ada 6 perpustakaan kelurahan yang ada di Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan.

Selain itu, program PerpuSeru juga memberikan pelatihan kepada pengelola perpustakaan  Kelurahan. Saat ini, perpustakaan Kelurahan sudah mulai melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif masyarakat melalui pemanfaatan layanan komputer dan internet serta kegiatan pelibatan masyarakat lainnya. Dengan tujuan untuk meningkat kualitas hidup masyarakat di sekitar perpustakaan Kelurahan. Tujuannya untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dengan harapan dapat memberi dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya di sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat.

Perpustakaan Kelurahan  masa depan

Perpustakaan Kelurahan harus menyediakan koleksi sumber informasi dalam bentuk buku, majalah, tabloid, surat kabar, audio visual dan koleksi-koleksi lainnya yang lebih lengkap dan up to date. Selain layanan koleksi yang lengkap, kedepannya perpustakaan harus menjalankan misi menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat secara berkelanjutan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan visi ke depan, perpustakaan siap menjadi pusat sumber informasi dalam arti sebenarnya. Oleh karena itu, apabila kita menyebut pusat sumber informasi hendaknya kita tafsirkan sebagai perpustakaan yang berkembang lebih lanjut dengan fungsi-fungsi baru tersebut.

Perpustakaan Kelurahan masa depan yaitu perpustakaan yang mencerminkan kehidupan dalam kemajuan, yang terlihat secara nyata; Perpustakaan Kelurahan masa depan harus dikenal luas oleh masyarakat; Perpustakaan Kelurahan masa depan harus menjadi kebutuhan masyarakat, dengan adanya perpustakaan ini masyarakat memperoleh manfaat yang dapat di petik setelah memafaatkan layanan dan kegiatan-kegiatan yang ada di perpustakaan. Perpustakaan Kelurahan masa depan perpustakaan yang dapat dijadikan tempat pembelajaran sepanjang hayat dan yang dapat meningkat kualitas dan taraf hidup masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam