PERPUSTAKAAN DESA MENUJU PERPUS BERBASIS IT

[Lumajang.go.id] Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Lumajang belum lama ini menerima bantuan. Bantuan yang diterima dari Coca Cola foundation ini diperuntukan bagi 8 perpustakaan desa yang telah dipilih. Bantuan itu berupa 3 unit komputer dan modem bagi setiap desa, yang nantinya diperuntukan sebagai sarana penunjang internet. Program ini sejalan dengan rencana dari kantor Perpustakaan dan Arsip yang akan membangun perpustakaan desa berbasis IT di seluruh kabupaten.

8 perpustakaan desa yang dipilih itu diantaranya 2 perpustakaan desa dari Kecamatan Yosowilangun, 3 perpustakaan desa dari Kecamatan Tempeh Kidul, 2 perpustakaan desa dari Kecamatan Pasirian dan 1 perpustakaan desa dari Kecamatan Senduro. hal tersebut disampaikan oleh kepala kantor perpustakaan dan arsip Kabupaten Lumajang Drs. Siswinarko, MM.

Menurutnya, terkait dengan bantuan ini Kantor Perpustakaan dan Arsip telah mempersiapkan SDM yang nantinya akan menjalankan perpustakaan desa berbasis IT tersebut. Melalui bimbingan tehnik selama 5 minggu yang dimulai tanggal 3 November hingga 4 Desember. perwakilan pengelola perpustakaan desa ini dibekali berbagai macam materi tentang pengelolaan dan pemahaman IT. Sementara pemateri sendiri yang berjumlah 4 orang, didatangkan langsung oleh Coca Cola Foundation

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan Perpustakaan Desa Tunas Bangsa, Desa Pandan Wangi Kecamatan Tempeh menjadi juara 1 ditingkat nasional sedikit banyak memberikan perhatian publik pada kemajuan perpustakaan desa dikabupaten Lumajang. kedepan Siswinarko berharap agar ke 201 perpustakaan desa yang tersebar di seluruh Kabupaten, dapat mengembangkan perpustakaan desa berbasis IT. Sehingga akan berdampak pada meningkatnya minat baca masayarakat. (humaslmj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam