Peningkatan Standar Kompetensi Konsultan KUMKM

Peran pendamping  sangat dibutuhkan untuk membantu menyiapkan KUMKM meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam menghadapi diberlakukannya era global masyarakat ekonomi ASEAN tahun 2015. Hal tersebut disampaikan Deputi bidang pengembangan dan restrukturisasi usaha kementerian koperasi dan UKM saat menutup kegiatan peningkatan standar kompetensi konsultan pendamping LPB/BDS-P di Surabaya yang diikuti 60 peserta dari 21 propinsi. (jumat, 28 maret 2014).

“Agar mampu bersaing dengan pebisnis dari Negara-negara lain, maka UKM harus NAIK KELAS. Mereka harus ditingkatkan kualitas SDM dan produknya. Untuk itu peran konsultan pendamping LPB/BDS-P mutlak diperlukan.” Kata Braman Setyo dalam sambutannya. Mengingat sudah semakin dekatnya penerapan MEA, perlu  dilakukan Akselerasi dalam penyiapan UKM menghadapi MEA. Hal tersebut dilakukan dengan meningkatkan kualitas konsultan pendamping LPB/BDS-P dan menduplikasi BDS-P yang maju dan sukses agar jumlah BDS-P mencukupi untuk mendukung upaya akselerasi peningkatan daya saing UKM, lanjut Braman Setyo.

“Sejak dua tahun terakhir kami telah meningkatkan kemampuan 800 konsultan pendamping LPB/BDS-P dari seluruh Indonesia. Tahun ini 300 konsultan pendamping LPB/BDS-P kami tingkatkan kembali kemampuanya melalui program tingkat lanjut. Mereka dibekali kemampuan bekerja sebagai konsultan pendamping yang profesional. Para konsultan pendamping tersebut juga kami bekali dengan tehnik diagnosis kesehatan bisnis UKM, Business Model Generation, dan tehnik Coaching.  Para konsultan pendamping akan kami sinergikan dengan keberadaan PLUT yang akan hadir di semua kabupaten/kota di tahun 2019 nanti. Mereka bisa menjadi konsultan pendamping PLUT. Juga bisa menjadi mitra PLUT KUMKM setempat.”

PEACBROMO telah digandeng Kemenkop dan UKM ikut menangani kegiatan ini sejak dari awal. Tahun 2012 melatih 400 konsultan KUMKM tingkat dasar. Dilanjutkan kembali di tahun 2013 dengan melatih 400 konsultan KUMKM tingkat dasar dan 100 konsultan UKM tingkat lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam