Business Model Generation

 BUSINESS MODEL GENERATION

Sebagai Konsultan atau pendamping KUMKM, pernahkah Anda menjumpai bahwa KUKM yang Anda dampingi bermasalah hampir di semua lini, lambat berkembang meskipun segala upaya sudah dicoba atau pelaksanaan rencana bisnisnya susah diterapkan? Barangkali permasalahannya bukan pada rencana bisnis, pemilik ataupun konsultan KUMKM-nya, tetapi pada business model usaha tersebut!

Inilah permasalahan yang sering dihadapi oleh Konsultan atau pendamping KUMKM, yakni gagal memetakan kondisi UMKM yang didampingi. Masalah ini sering dihadapi oleh Konsultan atau pendamping KUMKM yang belum memiliki jam terbang tinggi. Mereka tidak cukup memiliki referensi dan cara praktis dalam mengenali secara cepat terhadap business model KUMKM yang didampingi. Kegagalan dalam memahami kondisi KUMKM yang didampingi, dapat dipastikan akan menjadi awal dari kegagalan Konsultan atau pendamping tersebut dalam membantu KUMKM.

“Business Model Generation” adalah pendekatan dan teknik terbaru untuk menjelaskan, menganalisa, dan mengembangkan business model suatu usaha agar usaha tersebut tumbuh berkembang dan langgeng secara finansial. Pendekatan ini sangat tepat juga untuk menganalisa permasalahan KUMKM dan mengembangkan solusinya.

Tools tersebut diatas akan bermanfaat bila diimbangi dengan kemampuan fasilitasi yang memadai dari para Konsultan atau pendamping. Tehnik fasilitasi KUMKM baik secara perorangan maupun kelompok,  adalah ketrampilan inti dari seorang Konsultan atau pendamping. Dengan memiliki kemampuan sebagai fasilitator yang baik, Konsultan atau pendamping KUMKM akan mampu mendorong dampingannya untuk bekerjasama secara aktif, kolaboratif, dan berkelanjutan.

 

METODE KEGIATAN

Kegiatan diformat dalam bentuk workshop 2 hari. Dalam workshop ini peserta akan bekerja kelompok, bereksperimen, bermain, dan berkreasi mengembangkan business model untuk berbagai usaha. Peserta akan belajar menggunakan Business Model Canvas, pola model usaha, serta teknik dan strategi pengembangan business model yang tepat bagi KUKM. Selain itu, peserta juga akan diajak untuk mempraktekkan tehnik fasilitasi yang relevan dengan kebutuhan KUMKM.

 

Instruktur:

Bido Budiman, Principal – Training Zen. Sudah 10 tahunlebihmendukung dan memberikan pelatihan untuk KUKM dan konsultan UKM/BDS selamabekerja di IFC/World Bank, Asia Foundation dan sekarang di Training Zen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam