Akses Pembiayaan

Divisi Pembiayaan adalah salah satu unit kerja di Peac Bromo yang memiliki tugas dan fungsi di bidang fasilitasi pembiayaan kepada koperasi dan usaha kecil menengah. Bentuk fasilitasi meliputi proses penyiapan koperasi dan UKM dalam memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan. 

 

Selain menjalankan fungsi penyiapan kelayakan koperasi dan UKM, divisi pembiayaan melakukan fungsi konsultatif dan pendampingan bagi koperasi dan UKM yang telah memperoleh pembiayaan baik dalam sisi manajemen usaha dan keuangan serta proses pelaporan atas pinjaman yang telah diterima.

 

Tugas dan tanggung jawab Divisi Pembiayaan dan Pendampingan Usaha :

  1. Melakukan identifikasi komoditas atau usaha untuk memperoleh fasilitasi akses permodalan/pembiayaan.
  2. Melaksanakan fungsi verifikasi dan assessment lapangan sebagai tindak lanjut atas usulan fasilitasi modal.
  3. Membuat studi kelayakan atas usaha atau komoditas yang akan diusulkan untuk memperoleh fasilitasi pembiayaan/permodalan.
  4. Melakukan pendampingan atas usaha atau komoditi yang telah memperoleh fasilitasi pembiayaan.
  5. Melakukan kegiatan pengembangan dan inovasi terhadap program pembiayaan dan pendampingan usaha.

 

PRODUK DAN JASA  Produk dan Layanan Jasa yang di berikan oleh Divisi Pembiayaan dan Pendampingan Usaha  adalah sebagai berikut :

1.       Fasilitasi Akses Pembiayaan:

  • Pembiayaan berbasis Program. Program pembiayaan yang dapat diakses melalui fasilitas ini adalah pembiayaan yang bersumber dari dana CSR Perusahaan atau Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Badan Usaha Milik Negara. Selain itu, beberapa pembiayaan berbasis program oleh Kementrian dan Pemerintah Daerah.
  • Pembiayaan berbasis Komersial. Program pembiayaan yang dapat diakses melaluipembiayaan komersial perbankan meliputi program-program pembiayaan oleh Perbankan Nasional dan Daerah, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS), Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E), dan lain sebagainya.

2.  Pendampingan Usaha.

  • Pendampingan Program Pembiayaan, adalah prosedur pendampingan usaha selama masa penerimaan pinjaman dari sumber pembiayaan, baik pembiayaan berbasis program maupun komersial. Proses pendampingan usaha dapat dilihat dalam prosedur teknis pendampingan usaha.
  • Pendampingan Bisnis, merupakan proses fasilitasi terhadap kelompok usaha dalam mengembangkan bisnis berupa pendampingan manajemen, akses pembiayaan, dan akses pasar.

 

PROSEDUR TEKNIS  Prosedur yang dapat dilalui untuk dapat memperoleh fasilitasi pembiayaan dan Pendampingan Usaha oleh  PEAC Bromo adalah :

  • Step I, Mengisi formulir UKM Binaan.
  • Step II, Mengisi Form identifikasi potensi usaha (pengisian form identifikasi potensi usaha dilakukan setelah proses tanya jawab antara konsultan (PEAC Bromo) dengan klien (UKM) dan ada kesepahaman antara kedua belah pihak).
  • Step III, Negoisasi dan Formalisasi kerjasama, dalam bentuk penandatanganan kerjasama antara kedua belah pihak. (jenis pekerjaan, lama pekerjaan, dan beban fee yang disepakati)
  • Pembuatan proposal usulan kredit (untuk kredit program/komersial).
  • Pengajuan proposal kepada perbankan / non perbankan (oleh atau tanpa UKM dengan didampingi oleh konsultan (PEAC Bromo).

 

PERSYARATAN TEKNIS

No & Dokumen Perorangan PT CV KOP
1. Surat Permohonan dan proposal usaha P P P P
2. Akte Pendirian P P P
3. Akte Perubahan P P P
4. Pengesahan P P
5. Pendaftaran di Pengadilan negeri P P
6. Pengumuman di LBNRI P
7. KTP / SIM Pemohon P P P P
8. KK dan Surat Nikah P P P P
9. SIUP P P P P
10. NPWP P P P P
11. TDP P P P P
12. Surat Keterangan Domisili P P P P
13. Cash Collateral P P P P
14. Sertifikat /BPKB/ SIPTB P P P P
15. IMB dan PBB untuk jaminan sertifikat P P P P
16. Faktur dan 3 kwitansi kosong (utk BPKB) P P P P
17. Laporan Neraca 2 tahun P P P P
18. Laporan Rugi Laba 2 tahun P P P P
19. Copy Rekening Koran (minimal 3 bulan terakhir) P P P P
20. Surat Kontrak Kerja (SPK, PO dll) P P P P

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam