Fasilitator Perpuseru Siap Menembus Batas

Id card

Salam Perpuseru!

Saya amat sangat mengapresiasi Program yang dikembangkan oleh CCFI dalam mengembangkan perpustakaan di Indonesia melalui Program Perpuseru ini. Sebagai akademisi, kini saya tentu semakin yakin bahwa masa depan perpustakaan di Indonesia akan semakin baik. Kerjasama, kerjacerdas dan sinergi menjadi salah satu kata kuncinya. Dukungan dari semua pihak jelas menjadi sangat penting, salah satunya dari Organisasi semacam CCFI ini. Saya juga bangga dan terharu, ternyata kini semakin banyak pihak termasuk rekan-rekan FP yang begitu semangatnya turut memperhatikan dan memberikan sumbangsihnya bagi kemajuan Perpustakaan di Indonesia.

Kami dari perguruan tinggi yang insyaallah berupaya mencetak Lulusan untuk mengisi kekurangan SDM Perpustakaan di Seluruh Indonesia merasa berterima kasih atas hal ini.

Kita semua tahu bahwa, masih amat sangat sedikit Profesi Fungsional Pustakawan di Negeri ini. Itulah sebabnya mengapa Perpustakaan di Indonesia masih sulit dan terhambat untuk maju. Itulah sebabnya mengapa citra pelayanan perpustakaan masih memprihatinkan dan perpustakaan masih dipandang sebelah mata. Itulah sebabnya mengapa perpustakaan masih belum mampu melayani dan menjadi solusi bagi perubahan serta peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Karena sehebat apapun bangunan perpustakaan dan selengkap apapun isinya, tanpa right man on the right job and place, tentu tidak akan berarti apa-apa. Teknologi takkan mampu beroperasi sendiri, manajemen takkan bekerja secara otomatis sepenuhnya dan pelayanan pada masyarakat tidak mungkin dapat kita harapkan dapat optimal dan prima, jika pekerjaan itu diserahkan pada orang-orang yang tidak mau bekerja sepenuh hati, pada orang-orang yang mampu bekerja profesional dan cerdas. Sehingga wajar, jika citra buruk pustakawan kini masih melekat kuat dibenak kita. Namun jika kita sadari bahwa citra itu dibentuk sekian lama karena mereka yang bekerja di gedung-gedung tua dan usang perpustakaan kita di negeri ini adalah mereka yang tidak mampu bekerja melayani dengan baik, yang notabene mereka bisa jadi kebanyakan adalah bukan ‘PUSTAKAWAN’.

Kini saya dan kami yang sudah lebih dulu ditakdirkan untuk hidup dan berkiprah dibidang ini, tidak lagi merasa sendiri dan hanya menjadi kelompok kecil yang berupaya dengan segala hambatan, halangan dan rintangan untuk memajukan perpustakaan di negeri ini. Tentu salah satunya dengan hadirnya kawan-kawan Fasilitator Perpuseru, yang saya yakin tidak diragukan lagi kepeduliannya untuk bergerak sepenuh hati turut membantu masa depan perpustakaan kita. Untuk itu apresiasi yang setinggi-tingginya pada CCFI dan Perpuseru, serta pihak-pihak lain yang terkait langsung maupun tidak langsung.

Jika sinergi dan keterlibatan semua pihak ini semakin tertular dengan luas, saya amat sangat yakin bahwa cikal-bakal kemajuan peradaban bangsa ini sudah dan akan dimulai secara lebih nyata di negeri ini. Dengan penuh semangat kebangsaan dan nasionalisme di dada ini, dan dalam momentum perubahan kepemimpinan bangsa dan negara ini, mari kita bersama-sama melakukan revolusi mental itu dengan penuh kesungguhan dan mari kita bersama-sama terbang menembus batas impian dan harapan.

Hormat saya untuk semua.

Asep Saeful Rohman

Fasilitator Perpuseru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam