Cara Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google.
Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. Dan file tersebut dapat di share dengan orang lain untuk berbagi pakai dan juga kolaborasi peng-edit-annya. Kapasitas yang disediakan oleh google drive untuk layanan gratis adalah 5GB, untuk menggunakan kapasitas lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan.
Dengan menggunakan Google Drive, berarti pemilik file telah memiliki back-up file nya di internet sehingga jika terjadi sesuatu pada file yang disimpan di komputer atau laptop, misalnya file tersebut rusak atau hilang atau terkena virus, atau komputer/laptopnya rusak yang menyebabkan tidak dapat digunakan, maka file yang berada di Google Drive tetap aman dan tetap dapat diakses menggunakan komputer lain yang terhubung ke internet.
Setelah mengenal apa itu Google Drive, berikut ini panduan mengenai bagaimana cara menggunakan layanan Google Drive.
1. Buka alamat http://drive.google.com , maka akan muncul halaman seperti ini:
2. Klik tombol “Masuk” (yang di dalam kotak merah pada gambar di atas), kemudian akan masuk kehalaman selanjutnya seperti dibawah ini:
Jika kita telah memiliki akun di google, misalnya telah menggunakan gmail, maka tinggal memasukkan username dan password yang kita miliki pada kotak di halaman tersebut, sedangkan bagi yang belum memiliki akun di google, maka klik tombol SIGN UP di kanan atas halaman tersebut, dan lakukan proses pendaftaran seperti pada umumnya.
3. Setelah sign in dengan akun google yang kita miliki, maka akan muncul tampilan berikut. Klik tombol warna biru di kiri bawah dengan tulisan “Try Google Drive”.
4. Lalu akan masuk ke halaman berikut ini:

5. Sampai disini pendaftaran layanan Google Drive telah selesai, kita telah dapat menggunakan Google Drive melalui web browser, untk meng-upload file yang akan disimpan di Google Drive, klik tombol warna merah di menu sebelah kanan tepat disebelah tombol bertuliskan Create, yaitu tombol bergambar harddisk dengan tanda panah ke atas, kemudian akan muncul menun pop-up lalu pilih “Files…”, sebagaimana ditunjukkan pada gambar dibawah ini yang di kotak warna merah.

6. Selanjutnya akan muncul windows untuk memilih file mana yang ingin di upload.
Demikianlah langkah-langkah memulai menggunakan layanan Google Drive menggunakan web browser, selanjutnya dibawah ini dibahas mengenai cara instalasi software Google Drive di komputer bersistem operasi Windows agar pengguna Google Drive memiliki folder khusus yang isi folder tersebut akan disinkronisasikan dengan file yang ada di akun Google Drive, dengan begitu maka pengguna Google Drive tidak perlu melakukan upload file melalui browser seperti cara diatas, tapi cukup dengan mengcopy atau drag-and-drop file yang diinginkan ke dalam folder Google Drive yang ada di komputer lalu Gogle Drive akan melakukan sinkronisasi sehingga file tersebut juga tersimpan di akun Google Drive di internet.

1. Masuk ke dashboard akun Google Drive melalui link ini http://drive.google.com , isi dengan username dan password yang dimiliki.
2. Pada halaman ini, klik link yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar untuk mendownload software Google Drive yang akan di install di komputer.
 
3. Kemudian klik tombol “Accept and Install”
4. Selanjutnya proses download akan langsung mulai
5. Setelah download selesai, selanjutnya akan diminta memasukkan username dan password akun google.
6. Setelah mengklik tombol Sign in, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini, klik Next.
7. Berikutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, klik tombol Start Sync, maka proses selanjutnya akan ada sebuah folder Google Drive di komputer yang isi folder tersebut akan disinkronisasikan dengan file yang ada di akun Google Drive.
8. Sampai disini proses instalasi telah selesai, folder Google Drive akan berisi file yang sama dengan yang tersimpan di akun Google Drive di internet.

Demikian langkah-langkah instalasi Google Drive di komputer, untuk menambahkan file yang akan disimpan di Google Drive cukup dengan meng-copy atau drag-and-drop file yang diinginkan ke dalam folder Google Drive yang ada di komputer lalu Gogle Drive akan melakukan sinkronisasi sehingga file tersebut juga tersimpan di akun Google Drive di internet.

  Dengan kata lain, secara ringkas langkah mengaktifkan layanan Google Drive adalah sebagai berikut :

  1. Kunjungi situs drive.google.com
  2. Pilih “Download Google Drive” yang ada di sidebar kiri (Jika tidak ada karena di Indonesia fasilitas Google Drive belum tersedia maka coba “SignIn” untuk mengetahui apakah Google Drive anda sudah tersedia).
  3. Jika belum tersedia, klik “Notification” untuk menerima pemberitahuan jika Google Drive anda sudah dibuka oleh Google.
  4. Jika diterima, anda akan menerima “Notifikasi” dan Klik “Take me to Google Drive”.
  5. Anda siap dengan Google Drive dan download software untuk Installasi.
  6. Setelah proses instalasi selesai, maka akan tampil folder “Google Drive” di desktop Anda.
  7. Folder tersebut tersinkronisasi dengan layanan Google Drive, sehingga setiap perubahan yang Anda lakukan akan direfleksikan di interface Web, begitu juga sebaliknya. Dengan demikian, ketika Anda menambahkan file ke folder Google Drive, secara langsung akan ter-upload ke drive Web Anda (selama koneksi internet diaktifkan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam