Cangkrukan UMKM Hadirkan Seorang Google Partner

gus-nana

Sebanyak empat puluh UMKM, Senin, 13/06/2016 antusias mengikuti Cangkurkan UMKM bersama Gus Nana Founder Gus Nana Academy, salah seorang Google Partner. Mereka tidak hanya berasal dari dalam kota Surabaya, namun ada juga yang dari Gresik, Sidoarjo dan Pasuruan.

Dalam kesempatan tersebut, UMKM belajar mengenai marketing online untuk meningkatkan omset mereka. Menurut Gus Nana beda antara pedagang online dan Pengusaha Online. Kebanyakan UMKM Kita masih masuk kedalam katagori pedangang online, karena semua dikerjakan sendiri mulai dari produksi, packaging hingga pemasaran. Sedangkan Pengusaha online akan membagi tugas dan membangun tim marketing online yang handal.

Salah satu penyakit di UMKM kita juga belum memiliki target yang jelas di dalam menetapkan penjualan, sehingga kebutuhan untuk menggunakan marketing online menjadi asal-asal atau kurang fokus.  Padahal untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan massif dalam kondisi saat ini, marketing online sangat efektif, tentunya dengan pilihan jenis marketing online yang tepat.

Kegiatan cangkrukan ini bagian dari kegiatan Klinik UMKM Naik Kelas Satgasda KKMB Jawa Timur, yang  diselenggarakan oleh Fokus UMKM dan PEACBromo bekerjasama dengan Satgasda KKMB untuk meningkatkan kapasitas UMKM agar naik kelas dengan meningkatkan ketrampilan bisnis mereka. Cangkrukan UMKM sendiri rutin diadakan setiap bulan dengan menghadirkan para praktisi maupun pelaku usaha yang telah berhasil di bidangnya untuk memberikan sharing kepada UMKM baik pada aspek pemasaran, meningkatkan produktifitas usaha, akses permodalan, SDM dan sebagainya.

Selain itu juga di even cangkrukan UMKM bisa mengembangkan jaringan dan networking antar pelaku usaha, karena yang hadir memiliki pengalaman dan ketrampilan yang berbeda. Sangat dimungkinkan di kegiatan ini dapat saling bertukar informasi maupun akses pemasaran produk antar pelaku usaha, apalagi mereka tidak hanya selesai setelah kegiatan cangkrukan, namun informasi bisnis akan senantiasa dapat diikuti di media online yang dikembangkan baik lewat social media maupun website. (fhm/nr.i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam