BILATERAL RI-AFSEL: Kemenkop Gandeng Kadin Afsel Kembangkan Pasar UKM

Lembaga  Layanan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM menjalin kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Afrika Selatan untuk pengembangan pasar produk usaha kecil menengah di kedua negara.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati  mengatakan kedua belah pihak juga akan melaksanakan pelatihan usaha di bidang pemasaran.

“Mereka melihat pembinaan usaha kecil menengah (UKM) di RI berhasil karena mendapat dukungan dari pemerintah baik dari sisi pembiayaan maupun pemasaran produknya,” katanya kepada Bisnis hari ini (29/11).

Kadin Afsel (NAFCOC) berkeinginan meningkatkan kerja sama ekonomi bilateral berdasarkan kesetaraan dan saling menguntungkan. Ada empat kegiatan utama yang menjadi ruang lingkup kerja sama bilateral itu yakni temu bisnis, pertukaran produk, penyelenggaraan pameran dan peningkatan kapasitas UKM.

“Kerja sama akan dilaksanakan pada Mei 2013 hingga Oktober 2013,” ujarnya.

Dia mengemukakan selanjutnya kerja sama diiikuti dengan pertukaran tenaga ahli untuk pengembangan produk dan pasar serta melakukan temu bisnis kemitraan usaha antar UKM kedua negara.

“Ruang lingkup lainnya adalah melakukan kegiatan pameran dan misi dagang bersama,” tuturnya.

One Comment
  1. Sukses buat pak Nurhaq, terima kasih telah mau dantag menjadi pembicara di Internet Club.thanks..[] Reply:June 7th, 2009 at 21:16Sama2 Mas Aris senang bisa sharing dan bergabung di kegiatan Internet Club Unisbank[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam