Berkat Internet Masyarakat Pakong Pamekasan Menuai Berkah

Berkat Internet Masyarakat Pakong Pamekasan Menuai Berkah

APAKABAR.net – Fasilitator Perpuseru bersama perpustakaan daerah Kabupaten Pamekasan melakukan survei ke Desa Bejeng, Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Desa tersebut merupakan salah satu desa yang ada pespustakaannya. Fokus survei Perspuseru yang didukung Coca Cola fundition dititikberatkan pada aktivitas layanan perpustakaan desa dan animo warga masyarakat terhadapnya.

Perpustakaan desa tersebut di bina kurang lebih sejak tahun 2013 sangat memberikan manfaat kepada masyarakat desa. Sehingga masyarakat bisa meningkatkan taraf hidup.

“Dengan adanya perpustakaan desa yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan membaca buku dan pemanfaatan internet, hal itu untuk membangun desa secara mandiri berbasiskan informasi dan referensi buku”. Kata Kusairi selaku pegawai Perpusda, kepada wartawan apakabar.net di Pamekasan, kamis (5/11/2014).

Menurutnya, masyarakat banyak mendapatkan ilmu, khususnya ilmu pertanian dan tata cara merawat tanaman, sehingga tak fokus pada  tanaman melon dan semangka.

“Kami sangat berterimakasih kepada perpustakaan desa, karena dengan adanya perpustakaan desa saya bisa banyak mendapatkan ilmu, khususnya dalam ilmu pertanian melon dan semangka”.

Kusairi mengakui selama ini masyarakat hanya bertani secara tradisional, tidak tidak tahu cara merawat tanaman yang baik.

“Saya dulu sebelum adanya perpustakaan desa, bertani secara tradisional, tidak tahu cara perawatan yang sebenarnya dan hanya selalu bertani tembakau”, ujarnya

Berkat kehadiran perpustakaan itu pula pelan namun pasti masyarakat mengetahui bagaimana bercocok tanam dengan lebih baik. Dan sebagian dari petanipun merasakan manfaatnya dalam bentuk meingkatnya hasil tanaman mereka.

“Masyarakat jadi tahu, bahwa menanam melon dan semangka hasilnya jauh lebih banyak dari pada tembakau, dalam waktu dua bulan panen saya bisa mendapatkan hasil 5 juta dalam satu tonnya, tapi sayangnya untuk di pamekasan masih sulit untuk pemasarannya”.ungkapnya

Terkait soal pemasaran hasil pertanian masyarakat tersebut Koirus Shodiqin, Fasilitator Program Perpuseru, berniat untuk untuk mencarikan solusi agar masyarakt semakin termotivasi untuk melakukan diversifikasi tanaman pertanian mereka.

“Untuk pemasaran kami akan sesegera mungkin untuk mencarikan solusinya agar para petani tidak lagi kebingunan untuk menjual hasil panennya”. Ujar Khoirus Shodiqi. Dalam waktu dekat pihaknya juga berniat membuka stand khusus hasil pertanian untuk memasarkan hasil pertanian tersebut.

“Dan tentu juga mencoba memasarkannya dengan internet. Sehingga makin banyak masyarakat di luar Desa Bejeng mengetahui bahwa ada sentra penghasil melon dan semangka di Kabupaten Pamekasan.” Pungkasnya. (uma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam