Bahas Modal, Pengusaha IKM Furnitur Kumpul Bareng dengan Perbankan

105006_ikmkayuJakarta -Wirausaha Kehutanan Masyarakat (CBFE) dan Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup berkumpul di Menggala Wanabakti Kementerian Kehutanan, Selasa (4/8/2015) dalam acara Business Investment Forum.

Sebanyak 20 kelompok pengusaha kayu hingga produk turunannya seperti furnitur dari berbagai daerah di Indonesia ikut hadir. Mereka dipertemukan dengan lembaga sumber permodalan antara lain bank maupun non bank. Kementerian kehutanan juga punya Badan Layanan Umum (BLU) yang punya dana bergulir untuk modal para IKM mencapai Rp 2,1 Triliun.

Acara ini mempertemukan pelaku industri kayu IKM dengan perbankan antara lain Bank Jateng dan Bang Jatim.

“BLU dari Pusat Pembiayaan Hasil Hutan Kemenhut punya dana Rp 2,1 triliun dana bergulir yang serapannya masih rendah,” ungkap Kepala Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (P3H) Kementerian Kehutanan Kuntoro Wisnu Selasa (4/8/2015)

Modal ini dapat digunakan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya supaya mampu menembus pasar ekspor. Dalam acara ini, Kementerian Kehutanan juga kembali sosialisasi tentang Sertifikat Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK).

“Para pelaku UKM kami bina untuk dapat SVLK. Sebab usaha ini kami inginnya ekspor dan bisa menyasar pasar kelas atas. Jepang sangat minat dengan produk furnitur Indonesia. SVLK ini jadi syarat produk kayu dan turunannya seperti furnitur bisa diekspor,” jelas Staf Ahli Menteri Kehutanan Bidang Ekonomi Sumberdaya Alam Agus Justianto.

Menurut Justianto, SVLK bisa menekan adanya kayu-kayu yang diambil secara ilegal.

“Sebetulnya per 1 Januari 2015, kami ingin SVLK mulai berlaku penuh. Kalau SVLK berlaku penuh, kayu-kayu ilegal bisa dicegah di bea cukai. Kami terus sosialisasikan ke pelaku usaha. Termasuk komunikasikan antar kementerian, sebab kami hanya bisa verifikasi legalitas kayu, untuk pendampingan ekspor, ada di kementerian perindustrian,” jelasnya.

sumber.http://finance.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam