450 UMKM Ramaikan Ramadhan Fair Di Medan

MEDAN: Sebanyak 450 usaha mikro, kecil, dan menengah meramaikan acara Ramadhan Fair yang digelar selama 21 hari, mulai kemarin (Rabu, 25 Juli), di Taman Sri Deli, Medan, Sumatra Utara.

Wali Kota Medan Rahudman Harahap mengemukakan kegiatan yang digelar setiap tahun ini merupakan wadah silaturahmi dan interaksi sosial religius sekaligus memperluas akses pasar bagi dunia usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Ramadhan Fair ini nantinya diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk mampu bersaing dengan pasar modern,” ujarnya, sewaktu  membuka Malam Festival Tahunan Ramadhan Fair IX 2012, Rabu (25/7) malam.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Ramadhan Fair yang juga Sekretaris Daerah Kota Medan Syaiful Bahri memaparkan Ramadhan Fair diisi oleh 175 anjungan UMKM  kuliner dan 275 stan UKM non kuliner.

Ramadhan Fair IX, juga dimeriakan oleh perlombaan, seperti kaligrafi, azan, dan busana muslim, serta lomba beduk.

Ketua DPRD Medan Amiruddin menambahkan Ramadhan Fair diharapkan dapat mendorong ekonomi rakyat dengan ditampilkan produk kerajinan rakyat yang mampu menjadi inspirasi bagi UMKM yang lain untuk dapat menciptakan prodak-prodak berkualitas.

“Ramadhan Fair bukan hanya untuk mencari keuntungan bisnis, tapi juga untuk syiar Islam,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan Bisnis, acara pembukaan berlangsung sangat ramai, pengunjung bersama keluarga berdesak-desakan memadati pintu masuk acara. Acara pembukaan ini semakin meriah dengan penampilan penyayi religi, yaitu Opick. (k10/Bsi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam